Langsung ke konten utama

Konspirasi, fakta atau ilusi??



“Cara terbaik menyembunyikan rahasia adalah dengan meletakannya di tempat umum..”
-George Washington (11 Masonic Degree)-

Sewaktu MTs aku pernah membaca buku yang berjudul The Diary of Dajjal, karya Noriagaa & Archenar, penulis berkebangsaan Norwegia (kalo ga salah). Awalnya aku kira isinya cuma tentang kemunculan Dajjal atau tanda-tanda kiamat, ternyata wow lebih fantastis dari pada yang ku kira. Mungkin bagi aku yang belum pernah tau teori-teori konspirasi merasa aneh dan tidak percaya di awal, tetapi semakin kesana pembahasannya semakin seru dan mengungkap beberapa misteri yang menurutku sangat keren.

Buku itu adalah buku tentang konspirasi yang pertama kali ku baca. Isinya tentang ya, piramid, freemason, sihir musik, obelisk, kakbah, alien, konspirasi WTC dan sebagainya. Banyak fakta-fakta mengejutkan yang tak habis pikir sebelumnya. Seolah semuanya telah diatur dengan matang. Di kata pengantar, sang penulis mengaku bahwa mereka adalah mantan anggota elit yang telah keluar dari kelompok tertentu yang ada dibalik layar dunia. Dari buku ini lah, aku jadi sering browsing tentang misteri-misteri di dunia yang berhubungan dengan konspirasi.

Apa itu konspirasi?

Dalam Oxford Dictionary, Konspirasi adalah A secret plan by a group to do something unlawful or harmful “Rencana rahasia oleh suatu kelompok untuk melakukan sesuatu yang melanggar hukum atau berbahaya”.

Sedangkan teori konspirasi adalah teori-teori yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (pada umumnya peristiwa politik, sosial, atau sejarah) adalah suatu rahasia, dan seringkali memperdaya, direncanakan diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa atau berpengaruh.



Fakta atau ilusi?

Masyarakat secara umum mudah sekali ditipu oleh hoax yang bertaburan di dunia maya. Mereka asal melahap segala informasi tanpa mem- filter dan ber-tabayyun terlebih dahulu. Akibatnya banyak informasi-informasi bohong yang dipercaya oleh semua orang dan dianggap benar. Biasanya ada oknum tertentu yang menguasai dunia maya, ini juga sudah konspirasi. Kejadian-kejadian yang ada di dunia baik itu politik, sosial, agama yang dianggap ada dalang di dalamnya, maka itulah konspirasi.

Konspirasi bisa saja benar, bisa juga salah. Aku salut dengan salah satu teori konspirasi yang sempat booming pada tahun 2016-2017 an yaitu teori Flat Earth. Setelah aku tonton semua video nya di Youtube, cara berpikirku jadi berubah. Si pembuat video berhasil membuat penontonnya percaya dengan teorinya. Karena dia meng-klaim telah melakukan penelitian dan analisis serta mencari sumber dan data-data yang kredibel demi memperkuat teorinya. Aku sempat tercengang ketika ia dengan mudahnya meruntuhkan kepercayaan manusia yang telah ditanam dalam otak sejak ratusan tahun lalu. Semuanya bermuara pada satu kelompok yaitu Elite Global, katanya. Lalu mana yang benar? Bumi bulat atau Bumi datar? Aku tidak tahu jawabannya, karena aku belum pernah pergi ke luar angkasa dan aku pun tak mampu mencari sumber data yang benar-benar terpercaya untuk mematahkan doktrin bumi bola.

Namun. adapula beberapa teori konspirasi yang terbukti benar, contohnya bisa kalian lihat di novel karya Rizki Ridyasmara, judulnya The Jacatra Secret. Di buku itu berisi tentang konspirasi kota Jakarta yang menurutku akurat. Tentang Jakarta yang dibangun oleh para Mason Hindia-Belanda. Tentang peninggalan bangunan-bangunan Belanda yang ternyata adalah markas mereka, dan lain-lain. Intinya kalian harus baca dulu.



Hasilnya?

Sebelumnya, aku mau menunjukkan kepada kalian kalau konspirasi pun sudah ada sejak zaman nabi-nabi terdahulu. Konspirasi kaum kafir Yahudi kepada Nabi Isa, Kafir Quraisy kepada Nabi Muhammad SAW, saudara-saudara nya Nabi Yusuf AS dan masih banyak lagi. Ini membuktikan bahwa orang-orang jahat selalu saja tidak suka dengan kebenaran sehingga mereka melakukan konspirasi untuk menghentikannya.

Allah SWT beriman

وَإِذْ يَمْكُرُ بِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا لِيُثْبِتُوكَ أَوْ يَقْتُلُوكَ أَوْ يُخْرِجُوكَ ۚ وَيَمْكُرُونَ وَيَمْكُرُ اللَّهُ ۖ وَاللَّهُ خَيْرُ الْمَاكِرِينَ

“Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan tipu daya terhadapmu (Muhammad) untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka membuat tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya.” (QS. Al Anfal: 30)

Muhammad Ali As Shobuni dalam menafsirkan ayat وَإِذْ يَمْكُرُ بِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا beliau mengatakan:

هذا تذكير بنعمة خاصة على الرسول صلى الله عليه وسلم بعد تذكير المؤمنين بالنعمة العامة عليهم والمعنى : أذكر يا محمد حين تآمر عليك المشركون فى دار الندوة

“ini adalah pengingat khusus tentang nikmat Rasulullah setelah diingatkan nikmat kepada orang-orang mukmin. Artinya, “Ingatlah wahai Muhammad! Ketika orang-orang musyrik bersekongkol kepada mu di Dar An Nadwah”.

Ayat ini menceritakan tentang bagaimana orang-orang musyrik berkumpul lalu merencanakan pembunuhan terhadap Nabi Muhammad SAW beberapa hari sebelum hijrah. Kata yang mesti digaris bawahi dalam tafsir Muhammad Ali As Shobuni adalah kata “bersekongkol” atau تآمر. Kata ini asal katanya adalah آمرَ يؤامر yang artinya berkomplotan, bersekongkol. Masdarnya adalah مُؤامَرة yang secara harfiyyah bisa diartikan dengan “konspirasi”.

Kesimpulan

Konspirasi itu ada dan fakta bahkan sejak zaman dahulu. Hanya saja ada beberapa teori konspirasi yang tak terbutki kebenarannya di zaman sekarang. Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, hoax mudah tersebar di dunia maya sehingga kita pun dapat mudah tertipu.

Salam People Power

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filsafat vs Islam

Satu-satunya kebijaksanaan sejati adalah mengetahui bahwa Anda tidak mengetahui apa-apa. - Socrates (469 SM – 399 SM)- Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar kata filsafat? Apakah filsafat dan Islam bertentangan? Pasti mikirnya tentang hal-hal yang berat lah, tuhan lah, agama lah, sesat lah dan lain-lain. Padahal Filsafat tak melulu membahas hal itu. Justru, filsafat itu adalah induk segala ilmu, semua ilmu berawal dari filsafat. Bahkan Nabi-nabi terdahulu pun berfilsafat. Gak percaya? Simak uraian berikut yah! Mengenai tentang objek kajian filsafat yang terdiri dari objek material dan objek formal, dapat disimpulkan bahwa objek material filsafat adalah sesuatu yang ada, baik itu kenyataan, pikiran maupun kemungkinan. Lalu objek formal filsafat adalah pengkhususan dalam mengkaji atau meneliti objek materialnya. Seperti contoh objek materialnya adalah Tuhan, Lalu mencari atau meneliti tentang keberadaan tuhan adalah objek formalnya. Lalu bagaimana

ANIME BUKAN HANYA SEKEDAR ANIMASI, TETAPI JUGA SUMBER INSPIRASI

Kita pasti sering melihat teman kita, saudara kita, atau keluarga kita yang suka menonton anime meskipun usianya sudah beranjak dewasa. Perspektif kita mengatakan bahwa orang yang suka menonton anime di usia yang dewasa adalah masih kekanak-kanakan. Padahal, anime bukanlah hanya sekedar animasi, tetapi juga menjadi inspirasi, pengetahuan, pelajaran kehidupan dan media hiburan. Apa itu Anime? Anime adalah animasi yang berasal/diproduksi oleh Jepang. Kata Anime sendiri merupakan bahasa jepang dari kata Animation. Meskipun demikian, tak menutup kemungkinan anime diproduksi di luar Jepang. Nah, lalu apa bedanya dengan kartun? Kartun juga merupakan karya animasi, hanya saja bukan diproduksi oleh Jepang. Contoh kartun adalah Spongebob, Tom and Jerry, dll. Terkadang masyarakat belum tau perbedaan anime dan kartun, sehingga mau kamu nonton anime seperti apapun, tetap disebut kartun. Padahal sudah jelas, kalau kartun memang tujuan dibuatnya untuk anak-anak. Berbeda dengan anime yang renta