Langsung ke konten utama

Woy Orang Bodoh !!


Hai orang bodoh!!
Kenalin nama gua Dzuljahli, berasal dari bahasa arab ذوالجهل yang artinya "Orang Bodoh". Kenapa gua pake nama itu ya hahahaha... Padahal nama asli gua bukan itu lho..

Sekilas tentang Dzuljahli, bahwa lafadz Dzu dalam Kitab Mu'jam Munfashol Fil I'rab dapat memiliki "dua wajah", bisa sebagai Isim Maushul yang bermakna "yang" dan juga bisa bermakna صاحب (yang memiliki) yang mana termasuk juga dalam Asmaul Khomsah.  
Sedangkan Al Jahlu الجهل secara bahasa artinya bodoh. Dalam Mu'jam Lughotil Arabi bermakna نقيض العلم (Kosong dari pengetahuan) dalam artian belum diisi ilmu. Maka, orang yang disifati jahlun bukan berarti dia bodoh dan tak tau apa-apa. Namun hanya "belum" diisi ilmu. Dalam Kitab Tashilul Waraqat bahwa jahlun masih lebih baik karena punya keinginan kuat untuk belajar.
So, Dzuljahli bisa diartikan "Orang yang memiliki kebodohan"

Nah, alasan kenapa gua pake nama Dzuljahli, itu karena terinspirasi dari kaka kelas waktu di Pesantren. Beliau ini punya nama "lain" yang ia namakan sendiri pada dirinya. Namanya itu "حلزون" yang artinya Siput. Waktu ditanya kenapa dia suka disebut gitu. Dia jawab, "Siput itu kan lelet. lemot, lambat. Nah nama ini buat motivasi aja untuk selalu grecep, rajin dan ga males-malesan". Padahal beliau itu jago banget bahasa arabnya, bahkan bisa dibilang terbaik lah dalam urusan ilmu nahwu, shorof dan hafal beberapa nadom kitab alat. Seketika itu gua jadi terinspirasi! Karena terkadang jika kita mengetahui kelemahan diri sendiri, kita jadi bisa lebih bijak dan lebih ada kemauan untuk berubah dalam segala hal apapun. Karena gua merasa emang paling bodoh ya yaudah gua namain aja diri gua Dzuljahli. Kenapa ga Jahilun (Orang Bodoh) aja pake sighat Isim Fail?? YA sebenernya mah artinya sama aja, cuma agar lebih terlihat estetik aja haha..

Oke udah dulu ceritanya ya,,
Gua bikin blog ini bukan buat pamer atau apapun, cuma mau sharing2 aja. Jadi maaf kalo tulisan2 nya absurd dan ngeselin. Buat orang-orang yang "merasa" dirinya bodoh dan mau belajar, yuk kita belajar bareng. Jangan malu di sebut bodoh tapi malulah jika kamu pura-pura pintar.

Salam People Power

Komentar

  1. Ngajak ribut bener judul nya a wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw makasih udah mampir, silahkan tunggu postingan selanjutnya ya...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filsafat vs Islam

Satu-satunya kebijaksanaan sejati adalah mengetahui bahwa Anda tidak mengetahui apa-apa. - Socrates (469 SM – 399 SM)- Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar kata filsafat? Apakah filsafat dan Islam bertentangan? Pasti mikirnya tentang hal-hal yang berat lah, tuhan lah, agama lah, sesat lah dan lain-lain. Padahal Filsafat tak melulu membahas hal itu. Justru, filsafat itu adalah induk segala ilmu, semua ilmu berawal dari filsafat. Bahkan Nabi-nabi terdahulu pun berfilsafat. Gak percaya? Simak uraian berikut yah! Mengenai tentang objek kajian filsafat yang terdiri dari objek material dan objek formal, dapat disimpulkan bahwa objek material filsafat adalah sesuatu yang ada, baik itu kenyataan, pikiran maupun kemungkinan. Lalu objek formal filsafat adalah pengkhususan dalam mengkaji atau meneliti objek materialnya. Seperti contoh objek materialnya adalah Tuhan, Lalu mencari atau meneliti tentang keberadaan tuhan adalah objek formalnya. Lalu bagaimana

ANIME BUKAN HANYA SEKEDAR ANIMASI, TETAPI JUGA SUMBER INSPIRASI

Kita pasti sering melihat teman kita, saudara kita, atau keluarga kita yang suka menonton anime meskipun usianya sudah beranjak dewasa. Perspektif kita mengatakan bahwa orang yang suka menonton anime di usia yang dewasa adalah masih kekanak-kanakan. Padahal, anime bukanlah hanya sekedar animasi, tetapi juga menjadi inspirasi, pengetahuan, pelajaran kehidupan dan media hiburan. Apa itu Anime? Anime adalah animasi yang berasal/diproduksi oleh Jepang. Kata Anime sendiri merupakan bahasa jepang dari kata Animation. Meskipun demikian, tak menutup kemungkinan anime diproduksi di luar Jepang. Nah, lalu apa bedanya dengan kartun? Kartun juga merupakan karya animasi, hanya saja bukan diproduksi oleh Jepang. Contoh kartun adalah Spongebob, Tom and Jerry, dll. Terkadang masyarakat belum tau perbedaan anime dan kartun, sehingga mau kamu nonton anime seperti apapun, tetap disebut kartun. Padahal sudah jelas, kalau kartun memang tujuan dibuatnya untuk anak-anak. Berbeda dengan anime yang renta